Beranda » Blog » PEMELIHARAAN TENDA PART 3

PEMELIHARAAN TENDA PART 3

Diposting pada 15 December 2023 oleh admin / Dilihat: 158 kali

Bagian terakhir dari artikel cara pemeliharaan tenda ini membahas pemeliharaan tenda yang tidak boleh dilupakan saat setelah menggunakannya.

PEMELIHARAAN TENDA SEWAKTU MEMBONGKORNYA HINGGA MENYIMPANNYA.

  • Angkat dan goyang-goyang tenda. Bersihkan kotoran dan remah-remah serta buang sampah yang mungkin ada didalam tenda sebelum Anda mengemasnya kembali. Jika jenis tenda Anda freestanding, lebih mudah mengerjakannya karena frame tenda membantu meregangkan dan terbuka saat Anda membuang keluar kotoran.
  • Saat melepas frame dari tenda, pelan-pelan dan pasti lepaskan ujung frame yang menempel pada webing di dasar ujung2 tenda. Webing ini biasanya ada yang dipasangkan mata ikan ada juga besi yang untuk dudukan ujung frame. Bukalah dengan pelan-pelan jangan kasar.
  • Lap tenda dengan kanebo. Biasanya setiap pagi pasti tenda basah oleh embun dan bagian
    dalam flysheet juga basah karena kondensasi (ini normal). Anda bisa cepat mengeringkannya dengan bantuan lap kanebo atau bahan sejenis yang cepat menyerap air. Sekalian anda juga bisa membersihkan kotoran tanah yang menempel pada flysheet bagian bawah atau bagian bawah dari dinding bathtub lantai tenda anda. Saat melipat frame tenda. Mulailah melepatnya dari tengah frame, hal ini akan merata pendistribusian ketegangan di sepanjang tali elastis didalam frame. Ulangi terus melipatnya pada setiap setengah bagian berikutnya sampai frame tenda sepenuhnya dilipat.

  • Tenda haruslah kering sebelum dimasukan ke kantong packing. Bahkan tenda berventilasi baguspun tetap mengakumulasi kondensasi, hal ini sering terjadi di bawah lantai dan pada bagian dalam flysheet. Kelembaban yang tersisa di tenda akan merusak coating bahan tenda jadi keringkan sebisa mungkin sebelum anda packing kembali kedalam ransel anda dan memulai lagi perjalanan pendakian anda setiap harinya selama perjalanan anda. Anda dapat menggantungkan inner tenda dan flysheet diatas cabang-cabang pohon, semak atau batu besar, tapi hati-hati untuk tidak menusuk atau tersangkut yang bisa membolongi bahan tenda anda.
  • Jika Anda harus berkemas dalam kondisi yang basah, pastikan untuk mengeringkan tenda segera setelah Anda mendapatkan kembali kerumah. Jika pada saat sampai dirumah harinya cerah, dirikan tenda basah itu di halaman agar cepat keringnya, namun jika cuaca tidak bagus, gantungkan tenda hingga kering di garasi atau tempat jemuran pakaian, jangan dibiarkan dalam keadaan terlipat dan basah.
  • Lipat tenda anda dalam bentuk lipatan selimut yang lebar. Saat disimpan lama dirumah jangan simpan tenda didalam kantong packingnya. Simpan dalam lipatan besar yang kendor dan simpan dalam container yang kering.

Bagaimana membersihkan tenda di rumah.

Angin-anginkan di tempat kering setiap selesai pulang dari perjalanan dan bersihkan. Tidak ada istilah terlalu kering. Dirikan tenda dalam ruangan atau di tempat teduh diluar. Jika anda tidak mempunyai ruang yang cukup untuk mendirikannya, gantungkan saja hingga kering.

Pastikan tenda Anda seratus persen kering sebelum menyimpannya. Bahan tenda yang basah akan memicu tumbuhnya jamur, memberikan bau yang tidak enak pada tenda dan merusak lapisan polyurethane tahan airnya. Seiring waktu, kelembaban juga mulai secara kimiawi memecah caotingnya. Sebuah tenda yang terabaikan dan akan menjadi lengket-lengket coating anti airnya, atau mulai berbau aneh adalah kandidat untuk segera mendapat perhatian serius atau harus segera diganti dengan tenda baru.

Bagikan ke

PEMELIHARAAN TENDA PART 3

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

PEMELIHARAAN TENDA PART 3

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang bisa dibantu kak?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Mimin1
● online
Mimin1
● online
Halo, perkenalkan saya Mimin1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: