Tips & Sugestions

Sebuah produk tentu memiliki batasan dan kekuarangan, namun dengan menggunakan produk tersebut secara benar maka akan membuat produk tersebut bisa memberikan manfaat sesuai dengan standar penggunaannya. Demikian juga dengan tenda-tenda produksi kami yang dirancang untuk berbagai kondisi medan dan cuaca, perlu pemahaman dan penggunaan yang benar dari pemakai, agar bisa memberikan perlindungan efektif seperti yang kami informasikan. Penggunaan yang tidak bernar dan salah bukanlah merupakan kegagalan dari sebuah produk akan tetapi merupakan kegagalan dari pengguna dalam memakai produk tersebut. Berikut kami memberikan beberapa saran dan tips dalam menggunakan produk kami agar produk tersebut bisa lebih efektif dalam penggunaannya sesuai dengan spesifikasinya.

TIPS-TIPS MERAWAT TENDA MERAPI MOUNTAIN

Seperti umumnya peralatan outdoor lainnya agar umur dan kemampuan waterproof tenda-tenda Merapi Mountain bisa bertahan lama, perlu ada pemeliharaan dan penanganan secara benar agar pengguna bisa maksimal menggunakannya. Berikut beberapa tip pemeliharaan tenda-tenda merapi mountain.

  • Setelah pemakaian bersihkan tenda pada bagian yang kotor saja, jangan mencuci seluruh tenda jika hanya sebagian saja yang kotor, bersihkan bagian yang kotor tersebut tanpa menggunakan deterjen. Karena deterjen akan merusak lapisan waterproofnya.
  • Jika bisa pada saat di lokasi bersihkan bagian yang kotor tersebut dengan lap basah atau kanebo, jika kotorannya harus di cuci, lakukan dengan perlahan menggosok kotoran tersebut dengan sikat yang halus tanpa menggunakan deterjen. Sekali lagi cuci bagian yang kotor saja jangan mencuci seluruh tenda jika hanya sebagaian yang kotor. Karena terlalu sering dicucipun akan mempengaruhi ketahanan lapisan water proof nya.
  • Menjemur tenda sebaiknya tidak selalu di bawah terik matahari, jika tenda basah sudah mulai mengering pindahkan ke daerah yang tidak kena langsung oleh matahari.
  • Selalu simpan tenda dalam keadaan kering, dan ditempat yang kering bukan ditempat lembab. Menyimpan tenda dalam keadaan basah dan lembab akan merusak lapisan water proof nya. Segera keringkan tenda basah sepulang anda dari perjalanan yang mungkin saat terakhir berada disana cuaca sedang hujan sehingga anda harus melipat tenda basah saat pulang.
  • Hindari menyimpan tenda dalam sarungnya, sebaiknya menyimpan tenda dalam lipatan besar seperti selimut dan simpan dalam wadah container plastik, dan jauhkan dari udara basah dan lembab.
  • Jika hendak menyimpan tenda dalam waktu lama, taburkan powder (bedak bayi) pada bagian dalam flysheet yang dilapisi lapisan water proof ini berguna untuk menangkap uap lembab yang udara yang terperangkp disana dan membuat awet lapisan waterproff tersebut. Secara berkala keluarkan tenda dari tempat penyimpanan dan jika ada tempat pasang dan angin-anginkan.
  • Selalu gunakan lapisan foot print untuk memperpanjang usia bagian bawah lantai tenda anda.

TIPS UNTUK TENDA HALF MOON 2

Tenda Half Moon 2 adalah tenda yang dirancang untuk digunakan di iklim pegunungan Indonesia yang banyak hujan dan anginnya.Β Bukan berarti penggunaan tenda tersebut akan total tahan 100% terhadap hujan dan angin, Β namun penggunaan yang benar akan membuat tenda ini lebih bertahan dalam kondisi tersebut. Berikut tips-tips dan saran untuk penggunaannya.

  • Tenda ini memang dirancang untuk memudahkan pemakai mendirikannya dan merubuhkannya dalam kondisi hujan, untuk itulah disain tenda mendahulukan pemasangan flysheetnya dari pada innernya. Agar tujuan tersebut efektif saat packing tenda ini ke dalam ransel anda, pisahkan bagian inner tenda dan bagian flysheet tenda dalam kantung packing yang terpisah dan tempatkan bagian flysheet dan frame tenda di lokasi yang mudah diakses di ransel anda sehingga sewaktu akan mendirikan tenda flysheet dan frame bisa anda ambil tanpa harus membongkar ransel anda sehingga barang-barang anda bisa lebih aman dari resiko basah karena hujan.
  • Pada saat mendirikan dalam kondisi hujan usahakan bagian dalam flysheet tidak sampai basah kuyup, untuk itu dirikan tenda berdua atau idealnya bertiga sehingga lembar bagian dalam tidak bersentuhan dengan tanah yang basah.
  • Setelah frame terpasang pada flysheet dan berdiri, segera pasang pasak-pasak tenda pada ke empat ujung tenda tempat terpasanya frame dan ujung-ujung dari lembar flysheet di bagian terasnya. Tenda harus terentang dengan kencang jangan kendor karena posisi tenda kendor akan membuat air merembes.
  • Pastikan anda tidak mendirikan tenda di saluran air mengalir ataupun posisi genangan air, kemudian alaslah tanah yang ada di posisi lantai tenda sebelum memasang bagian inner tenda. Penggunaan foot print akan lebih efektif, namun jika tidak ada foot print bisa anda ganti dengan lembar ponco atau lembar banyak waterproof. Perlu diingat jangan sampai ujung dari alat tersebut keluar melebihi atau muncul diluar flysheet ini akan membuat air terkumpul disana dan mengalir membasahi bagian atas tenda dan juga membasahi bagian bawah luat tenda. Dengan kata lain jangan sampai air terperangkat atau mengalir diantara bagian atas alas (foot print) dan bagian bawah lantai tenda. Karena lama kelamaan air yang terperangkap atau mengalir dibawah lantaiΒ tenda dan diberikan beban bobot dari penghuni tenda akan membuat bahan lantai tenda yang waterproff menjadi rembes.
  • Pastikan tali pengencang (guylines) yang ada di sisi kiri kanan dinding flysheet dipasang agar memberikan ketahanan tambahan terhadap flysheet dalam menahan air hujan.
  • Sebisa mungkin bersihkan permukaan tanah dari benda-benda yang tajam maupun kerikil yang tajam yang akan membuat bolong lantai tenda anda.
  • Jika merubuhkan tenda dalam kondisi hujan. Copot bagian inner pada bagian ujung bawah terlebih dahulu, kemudian menyusul copot pengaitnya hingga ke atas. Sisakan pengait yang paling atas terpasang untuk dibuka terakhir setelah ke empat ujung bawah inner yang terkait dengan buckle (kunci sodok) flysheet dilepas. Lalu lipat bagian inner hati-hati agar tidak basah. Jika bagian lantai bagian luarnya basah atau lembab sewaktu melipatnya atur agar bagian yang basah atau lembab itu diluar lipatan.
  • Melipat flysheet dalam keadaan basah pasti akan membuat lipatannya menjadi besar, ini sudah lumrah jangan dipaksakan menjadi kecil karena akan merusak material tenda, lipatnya sebisanya saja dan nanti sewaktu hujan reda segeralah menjemurnya jika bisa. Jika tidak ada waktu segeralah sesampai dirumah menjemurnya hingga kering.
  • Jangan menyimpan tenda dalam keadaan kotor dan basah.
  • Jika tenda kotor, usahakan cuci bagian yang kotor saja, jangan mencuci keseluruhan tenda, sikatlah bagian yang kotor dengan sikat yang halus secara perlahan, jangan sesekali menggunakan deterjen karena akan merusak lapisan anti airnya.
  • Jemurlah tenda sampai kering, menjemurnya jangan langsung terkena sinar marahari jemurlah di tempat yang teduh.
  • Menyimpan tenda hindari didalam kantung nya simpanlah tenda dengan melipatnya seperti menyimpan selimut dan tempatkan dalam wadah yang kering dengan suhu kamar. Jangan menyimpan didalam suhu yang panas dan lebab karena akan merusak lapisan anti airnya, juga menyimpannya hindari menempatkan benda yang berat diatasnya.