Pemeliharaan Tenda Part 3

Bagian terakhir dari artikel cara pemeliharaan tenda ini membahas pemeliharaan tenda yang tidak boleh dilupakan saat setelah menggunakannya.

PEMELIHARAAN TENDA SEWAKTU MEMBONGKORNYA HINGGA MENYIMPANNYA.

  • Angkat dan goyang-goyang tenda. Bersihkan kotoran dan remah-remah serta buang sampah yang mungkin ada didalam tenda sebelum Anda mengemasnya kembali. Jika jenis tenda Anda freestanding, lebih mudah mengerjakannya karena frame tenda membantu meregangkan  dan terbuka saat Anda membuang keluar kotoran.
  • Saat melepas frame dari tenda, pelan-pelan dan pasti lepaskan ujung frame yang menempel pada webing di dasar ujung2 tenda. Webing ini biasanya ada yang dipasangkan mata ikan ada juga besi yang untuk dudukan ujung frame. Bukalah dengan pelan-pelan jangan kasar.
  • Lap tenda dengan kanebo. Biasanya setiap pagi pasti tenda basah oleh embun dan bagian dalam flysheet juga basah karena kondensasi (ini normal). Anda bisa cepat mengeringkannya dengan bantuan lap kanebo atau bahan sejenis yang cepat menyerap air. Sekalian anda juga bisa membersihkan kotoran tanah yang menempel pada pada flysheet bagian bawah atau bagian bawah dari dinding bathtub lantai tenda.

  • Saat melipat frame tenda. Mulailah melepatnya dari tengah frame, hal ini akan merata pendistribusian ketegangan di sepanjang tali elastis didalam frame. Ulangi terus melipatnya pada setiap setengah bagian berikutnya sampai frame tenda sepenuhnya dilipat.
  • Tenda haruslah kering sebelum dimasukan ke kantong packing. Bahkan tenda berventilasi baguspun tetap mengakumulasi kondensasi, hal ini sering terjadi di bawah lantai dan pada bagian dalam flysheet. Kelembaban yang tersisa di tenda akan merusak tenda, jadi keringkan sebisa mungkin sebelum anda packing kembali kedalam ransel anda dan memulai lagi pendakian setiap harinya selama perjalanan anda. Anda dapat menggantungkan inner tenda dan flysheet di atas cabang-cabang pohon, semak atau batu besar, tapi hati-hati untuk tidak menusuk atau tersangkut yang bisa membolongi bahan tenda anda.
  • Jika Anda harus berkemas dalam kondisi yang basah, pastikan untuk mengeringkan tenda segera setelah Anda mendapatkan kembali kerumah. Jika pada saat sampai dirumah harinya cerah, dirikan tenda basah itu di halaman agar cepat keringnya, namun jika cuaca tidak bagus, gantungkan tenda hingga kering di garasi atau tempat jemuran pakaian, jangan dibiarkan dalam keadaan terlipat dan basah.
  • Lipat tenda anda dalam bentuk lipatan selimut yang lebar. Saat disimpan lama dirumah jangan simpan tenda didalam kantong packingnya. Simpan dalam lipatan besar yang kendor dan simpan dalam container yang kering.

Bagaimana membersihkan tenda di rumah.

Angin-anginkan di tempat kering setiap selesai pulang dari perjalanan dan bersihkan. Tidak ada istilah terlalu kering. Dirikan tenda dalam ruangan atau di tempat teduh diluar. Jika anda tidak mempunyai ruang yang cukup untuk mendirikannya, gantungkan saja hingga kering

Pastikan tenda Anda seratus persen kering sebelum menyimpannya. Bahan tenda yang basah akan memicu tumbuhnya jamur, memberikan bau yang tidak enak pada tenda dan merusak lapisan polyurethane tahan airnya. Seiring waktu, kelembaban juga mulai secara kimiawi memecah caotingnya. Sebuah tenda yang terabaikan dan akan menjadi lengket-lengket coating anti airnya, atau mulai berbau aneh adalah kandidat untuk segera mendapat perhatian serius atau harus segera diganti dengan tenda baru.

Simpan tenda dengan lipatan longgar di wadah dingin dan kering. Meskipun packing tenda didalam wadah kantongnya sangat kompak saat dibawa mendaki, tapi menyimpan tenda dalam kantongnya untuk jangka waktu yang panjang adalah pilihan yang salah. Tenda haruslah disimpan dalam lipatan yang longgar dalam wadah container kering dan simpan di ruang yang dingin atau suhu kamar. Hindari menyimpan tenda di lokasi yang lembab atau panas seperti ruang bawah tanah, didalam mobil dan tempat lainnya yang panas atau lembab. Jika tempat penyimpanan anda lembab dan  satu-satunya pilihan Anda, maka tempatkan tenda anda yang sudah kering  di dalam kantong plastik yang di seal rapat atau wadah container plastik yang tahan air.

Bagaimana caranya membersihkan tenda

Bersihkan tenda setelah setiap akhir perjalanan pendakian yang cukup panjang, terutama jika tenda terkena pasir, debu halus, kotoran burung atau getah pohon. Jika Anda melakukan banyak perjalanan singkat, bersihkan tenda anda dengan pembersih yang lembut (non deterjen) secara teratur.

Jangan sekali-kali mencuci tenda dengan menggunakan mesin cuci atau mesin dry wash. Mesin cuci, terutama yang tipe top-loader dengan agitator, dapat megakibatkan bahan tenda jadi meregang dan bahkan robek, mesh serta rusak jahitan. Mesin pengering juga menyebabkan hal yang sama, dan panas yang dihasilkan mesin ini dapat merusak tenda.

Lakukan pembersihan secara umum. Gunakan spons yang non-abrasif, air dingin dan sabun non-deterjen. Gosok secara lembut daerah yang kotor dengan tangan, hati-hati saat membersihkan daerah yang ada coatingnya seperti lantai tenda dan Flysheet.
Hindari menggunakan pembersih rumah tangga seperti cairan pencuci piring, pemutih, Penghilang kotoran atau produk mengandung deterjen lainnya. Kebanyakan deterjen rumah tanggamemiliki wangi, yang pastinya akan menarik serangga, tikus dan binatang/serangga lainnya. Sebagian besar deterjen ini juga merusak lapisan anti air tenda (DWR).

Hapus sisa jamur dan cendawan. Perubahan warna dan bau apak adalah tanda-tanda bahwa mikroorganisme ini telah mulai tumbuh. Gunakan enzim cleaner untuk membunuh jamur tersebut, tapi jangan terlalu berlebihan dan merusak bahannya. Tujuan pembersihan Anda adalah semata-mata untuk menghentikan pertumbuhan dan menghilangkan bau karena hitam jamur dan cendawan sering meninggalkan noda yang permanen. Beberapa produk perawatan peralatan membutuhkan pembersihan tenda dengan cara merendamnya, sementara yang lain hanya untuk membersihkan sebagian saja.

Monitor secara teliti waktu membersihkan dgn cara perendaman. Meninggalkan tenda direndam didalam bak lebih lama dari jumlah yang ditentukan menit, akan membahayakan kemampuan tahan airnya, Karena saat itu air akan mulai secara kimiawi memecah lapisan polyurethane tahan air dari pada bahan tenda.

Putuskan bagaimana cara membersihkan getah pinus. Meskipun membuat kotor, getah pinus bukanlah pembunuh tenda. Biarkan mengering atau taburi  bedak wewangian. Pembersihan sebagian itu bisa dilakukan dengan menggunakan minyak mineral (bilas hingga bersih), tapi jangan terlalu di kucek/gosok. Anda juga dapat menggunakan produk berbasis alkohol seperti pembersih tangan atau tisu basah, dan pastikan untuk bilas dengan air setelah getah dihapus.

Pertimbangkan menggunakan perawatan bahan dengan spray. Jika Anda tinggal di daerah dengan banyak sinar matahari, Anda dapat menggunakan spray-on untuk meningkatkan ketahanan UV dan mengembalikan kembali daya tahan air dari bahan tenda.

Membersihkan ritsleting dan frame tenda. Sikat kotoran dan pasir sebelum menyimpannya. Berikan pelumas kering untuk rel ritsleting dan ujung-ujung frame. Rel resleting juga bisa dibuat lancer dengan mengoleskan lilin. Cek tali elastis didalam frame jika kendor kecangkan dengan jalan menariknya menyimpul ulang.