Pemeliharaan Tenda Part 2

Lanjutan dari artikel sebelumnya, kali ini akan kami ulas mengenai pemeliharaan tenda saat dipakai, banyak pemakai tenda yang sering ceroboh dan tidak berhati-hati sewaktu menggunakan tendanya sehingga mengurangi umur tenda.

Pemeliharaan Tenda Selama Dipakai

Berlaku lembut dengan resleting tenda. Jangan memaksa ritsleting yang macet. Sebaliknya, pegang rel resleting dengan satu tangan dan tangan satunya dengan lembut menggerakan kepala resleting kembali menggeser ke atas, dengan menggeliatkan dari sisi ke sisi sampai bahan tenda yang tersangkut itu bisa terlepas. Jika kepala resleting tercopot dari relnya, pelan-pelan kembalikan lagi sampai terpasang seperti semula. Jika sering terlepas, dengan menggunakan tang jepit ujung rel agar kepala resleting bisa di rem di ujungnya dan tidak terlepas. Hati-hati jangan terlapau kencang dan menggelembung rel resletingnya. Rel resleting yang menggelembung cepat atau lambat akan membuat macet laju dari kepala resletingnya.

Tinggalkan sepatu di luar atau di ruang teras tenda. Kotoran, pasir dan kerikil jatuh ke lantai tenda akan mempercepat rusaknya lantai tenda anda. Hilangkan kebiasaan menyimpan sepatu anda didalam tenda, oleh sebab itu tenda yang memiliki teras adalah pilihan terbaik untuk anda.

Jauhkan makanan dan produk-produk pengharum personal dalam wadah yang aman di luar tenda. makhluk kecil pengerat akan mengunyah dan membolongi bahan tenda anda saat mencium aroma yang menarik insting mereka dalam mencari makan.

Sewaktu memasak di area teras/vestibule, berhati-hatilah, jagalah apinya agar tidak mengenai flysheet bagian vestibule tenda. jika menggunakan kompor ada baiknya gunakan wind shield pada kompor agar apinya tidak liar saat terkena sempoi angin yang berembus lewat bawah flysheet. sebisa mungkin juga hindari memasak goreng-gorengan dengan minyak goreng yang percikannya sangat berpotensi merusak coating flysheet tenda anda.