Pemeliharaan Tenda Part 1

Agar tenda atau Home in The Wild anda bisa cukup panjang umur penggunaannya perlu sekali anda melakukan pemeliharaan dan perlakuan yang baik terhadap tenda tersebut. Pemeliharaan tenda itu bisa dilakukan pada saat akan mendirikan tenda, pemeliharaan tenda saat pemakainnya dan pemeliharaan tenda saat selesai mengunakannya.

PERAWATAN TENDA SAAT MENDIRIKANNYA.

Sebelum berangkat ke alam bebas, lakukan latihan cara mendirikannya. Pelajari cara mendirikan tenda dalam keadaan tanpa tekanan (seperti tidak ada angin dan hujan). Pastikan bahwa Anda memiliki semua pasak-pasaknya, tali guylinesnya dan aksesori lain yang Anda butuhkan. Saat Anda sudah berada di lapangan, ikuti panduan berikut ini dan Anda akan memperpanjang umur tenda Anda:

  • Dirikan tenda di lokasi yang sudah ditentukan. Ini adalah salah satu kunci dari prisip Leave No Trace yang mengajarkan untuk mendirikan tenda di lokasi bersih, datar dan tidak mengganggu tumbuhan yang ada disana. Setelah itu, Anda hanya perlu untuk membersihkan lokasi tersebut dari ranting-ranting, batu-batu kecil serta objek-objek tajam lainnya yang bisa melubangi lantai tenda. Hindari berbuat lebih pada lokasi tenda tersebut yang mungkin akan merusaknya.
  • Gunakan Footprint tenda. Footprint adalah alas tenda yang terbuat dari bahan waterproof besarnya sebesar ukuran lantai tenda anda. Footprint melindungi lantai tenda Anda dari abrasi dan menjaga permukaan lantai bagian bawah tetap bersih saat Anda megemasnya kembali. Juga, karena besar ukuran footprint tidak melampaui perimeter atau sisi-sisi lantai tenda, maka footprint tidak akan menyebabkan terkumpulnya air hujan diantara footprint dan lantai tenda, sebagaimana yang terjadi pada footprint yang menggunakan ponco atau bahan yang bukan original footprint tenda tersebut. Karena footprint generic atau yang ponco biasanya akan berlebih ukurannya dari ukuran lantai tenda dan ini akan menyebabkan terkumpulnya air hujan yang pada akhirnya menggenang diantara lantai tenda dan footprint.
  • Hindari meninggalkan tenda yang didirikan di bawah sinar matahari langsung dalam waktu yang lama. Meminimalkan paparan sinar ultraviolet (UV) merupakan elemen kunci untuk meningkatkan umur penggunaan tenda. Seiring waktu, sinar UV menurunkan waterproofing vestibule dan flysheetnya.
  • Karena flysheet lebih tahan UV dibandingkan innernya, Anda dapat meninggalkan tenda anda terjemur sinar matahari saat Anda sedang mendaki kepuncak atau saat sedang menjelajahi lokasi sekitarnya. Flysheet polyester, yang umumnya digunakan untuk flysheet Β tenda, lebih tahan terhadap UV dibandingkan dengan yang terbuat dari nylon. Jika Anda akan pergi meninggalkan tenda anda dalam waktu lama atau anda camping selama beberapa hari disatu tempat, tanpa melihat bahan flysheet tenda anda, hal terbaik yang harus dilakukan dilakukan adalah mendirikan tenda di tempat yang terlindung dari paparan sinar matahari. Namun dewasa ini ada tenda yang Flysheetnya sudah terbuat dari bahan yang anti UV, selain melindungi pengguna dari paparan UV tenda jenis ini juga jauh lebih awet flysheet untuk digunakan berlama-lama di bawah sinar matahari.
  • Berhati-hati dengan frame tenda. Jangan sampai frame terpukul-pukul/terantuk pada lokasi sekitar saat mendirikan tenda, pasangkan bagian sambunganya dengan benar dan sempurna. Bagian sambungan yang tidak terpasang benar akan menyebabkan frame menjadi pecah pada sambungannya (khusus untuk frame aluminium). Jika memungkinkan dirikan tenda berdua dengan teman, melengkungkan frame secara bersamaan dengan teman saat mendirikannya akan mengurangi tekanan yang berlebihan pada salah satu frame dan akan lebih memperpanjang umur frame, karena mengurangi resiko patah. Buka lipatlah frame dengan hati-hati jangan terburu-buru sehingga menghindarkannya dari resiko rusak.