Camping Ceria ala Merapi Mountain User Comunity (MMUC) Sumatera Barat

Terik matahari mengikuti deru konvoi motor menyusuri liuk jalan Sungai Pisang, untuk pertama kalinya Merapi Mountain User Comunity (MMUC) Sumatera Barat megadakan acara gathering perdana di Pulau Pasumpahan, Kawasan Wisata Mandeh, Padang. Lima puluh orangΒ  traveler dari seantero Sumatera Barat turut ambil bagian dalam gathering yang dikemas melalui kegiatan Kemah Ceria yang diadakan selama dua hari dari tanggal 17 sampai dengan 18 September 2016.

Pulau Pasumpahan dijadikan lokasi gathering MMUC Sumbar selain karena keindahan view pantai dan puncaknya, juga karena ketersediaan camping ground yang memadai. Kurang lebih 18 tenda merapi mountain dari berbagai varian meramaikan gathering perdana MMUC Sumatera Barat. Pulau Pasumpahan luasnya sekitar 5 hektar dan memiliki hamparan pasir putih dengan air laut yang bening. Menariknya yaitu permukaan laut pulau ini seperti terbagi tiga. Warna bening di pinggir, hijau di depannya, dan membiru pada bagian yang lebih ke tengah. Tingkat kedalaman perairan laut di sekitar pulau adalah penyebab perbedaan warna tersebut. Akses menuju pasumpahan dapat ditempuh dengan menaiki boat kurang lebih 20 menit dari Sungai Pisang. Bagi para traveler juga dapat menempuh jalur alternatif lain melalui Bungus, dengan menaiki boat kurang lebih 30 sampai 45 menit.

Acara gathering ini dilakukan melihat tingginya animo para peserta MMUC di wilayah Sumatera Barat. Ari, salah satu panitia gathering MMUC Sumatera Barat, mengatakan bahwa acara Gathering ini menjadi ajang silaturahmi bagi para traveler MMUC, harapannya kedepan akan lebih banyak kegiatan lain yang dapat dilakukan seperti pendakian bersama dan kemah ceria.

Beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya Malam keakraban (makrab) yang diikuti oleh seluruh peserta MMUC, treking ceria menuju puncak Pasumpahan, memacu adrenalin diatas banana boat, dan snorkeling. Memasuki senja, para traveler juga dapat menikmati riuhnya sunset di tepi pantai Pasumpahan. Semburat Jingga cakrawala menjadi daya tarik tersendiri bagi para traveler.

Acara gathering MMUC Sumatera Barat ditutup dengan berfoto bersama dengan seluruh peserta MMUC. Sampai jumpa di Gathering MMUC Sumatera Barat selanjutnya. Salam Lestari.

Tulisan oleh: Prasasta Adi Putra. (MMUC – Sumatera Barat)